Pembuatan Demplot KRPL Desa Senden

Administrator 29 Januari 2024 13:18:54 WIB

Pada pertengahan Bulan Desember 2023 telah  selesailah pembangunan Greenhouse di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek yang dibangun dari dana BKK hasil reward kegiatan Proklim di Dusun Balang Desa Senden. Greenhouse tersebut nantinya menjadi Demplot KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari ) di Desa Senden. Di dalam Greenhouse tersebut berisi tanaman sayuran dan kolam lele yang bertujuan untuk pemenuhan pangan warga sekitar.Selain di Grennhouse tersebut para warga terutama para ibu – ibu rumah tangga sudah melakukan penanaman sayuran disekitar rumah dengan memanfaatkan barang – barang bekas seperti bekas bungkus detergent,bekas sak semen serta bekas gallon air minum..

            Pada awal kegiatan diadakan penyuluhan dari PPL Desa Senden WINARTI, SP tentang campuran media tanam yang baik,pemilihan bibit yang unggul,penanaman,pemupukan serta pemberantasan hama.Untuk pupuk dan Pemberantasan hama di utamakan dari bahan – bahan organic seperti sisa – sisa limbah dapur ,kotoran ternak serta tumbuhan – tumbuhan yang ada di sekitar kita. Tujuan dari kawasan Rumah Pangan Lestari adalah pemenuhan kebutuhan pangan nabati dan hewani dengan meminimalisasi pemakaian pupuk dan pestisida kimia dari akan di konsumsi sendiri.

            Setelah kegiatan penyuluhan selesai dilanjutkan dengan pencampuran media tanam dan dimasukkan dalam polybag. Untuk penanamannya menunggu beberapa hari untuk memastikan PH tanah sudah baik kisaran 6,5 sampai dengan 7,5.Setelah dipastikan pH tanah baik maka ditanamilah berupa Bawang Merah,Sawi,Kangkung serta penaburan Benih lele 1000 Ekor di kolam yang berada di dalam Demplot KRPL tersebut. Sedangkan pengelola Demplot itu sendiri merupakan kerja sama Pemdes Senden, PKK Desa Senden,Gapoktan sertaBank Sampah .Semoga Kedepannya Demplot KRPL dan KRPL nya sendiri dapat berkembang dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari hari akan kebutuhan sayur dan lauk. ( imam mualim)

Komentar atas Pembuatan Demplot KRPL Desa Senden

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SENDEN

tampilkan dalam peta lebih besar